Thursday, January 29, 2009

Honda Supra Modif

Honda Supra Bergaya MotoGP dari Malang :

Honda Supra Modif

Ide yang berani terkadang justru menghasilkan karya yang bagus. Seperti Honda Supra X 2003 punya Achmad Didin Purwanto yang asli Malang, Jawa Timur. Kalau dicermati, modifikasinya perpaduan antara MotoGP dan trail, dua olahraga otomotif yang beda aliran.

Awalnya, Didin menginginkan tampilan ala moge. “Tapi setelah dipikir-pikir keren juga kalau dibikin gado-gado seperti ini,” kekehnya. Malah ia menyebutkan rombakan ini menggabungkan MotoGP, Trail, dan ayam jago.

Dari bagian mana ciri MotoGP-nya? Pertama, lengan ayun (swing arm) yang superbesar dan bagian buritan. Kedua, knalpot yang dirancang double muffler dengan tampilan undertrail (nongol di buntut) serta finishing dengan sentuhan carbon look. Benar-benar sporty.

Unsur trail-nya dari sisi yang mana? Coba tengok bodi tengah. Terutama desain tangki bahan bakar berikut cover di bagian bawahnya. Semua dicomot dari Suzuki RM. “Tapi masih harus dipermanis lagi. Caranya tentu dalam penentuan ukuran dan finishing harmonis,” beber modifikator ini.



Bagian depan juga ikut diganti menyesuaikan hasil modifikasi di bodi tengah, seperti lampu tengah dirasa lebih pas pakai Honda Vario. Pakai lampu skubek Honda, Didin terbilang berani karena desain yang besar dikhawatirkan malah membuat kepala jadi berat. “Tapi enggaklah, itu sudah kita akali pada desain shock depan,” papar Didin.

Untuk sistem peredam kejut depan, Didin memilih punya Yamaha RX-King. “Kita kasih "kondom" supaya terlihat besar. Bentuk yang baru ini pas dengan lampu tadi,” cerita Didin. "kondom" terbuat dari bahan fiber.

Peredam kejut depan juga dipasang stabilizer, yang diambil dari mobil yang buat pintu belakang. Stabilizer di sini membantu rebound yang tidak hanya satu arah tapi double action alias meredam ketika per mantul dan menciut. Rasanya memang shock seperti keras, tetapi kalau digunakan untuk balapan lumayan membantu meredam entakan. (Candra)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow 110/80-17
Ban belakang : Swallow 130/70-17
Pelek depan : Grand Prix
Pelek belakang : Grand Prix
Shock belakang : Satria
Lengan Ayun : Custom

Source : Kompas.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment